Pepaya California
Pepaya atau dalam bahasa latin disebut Carica papaya merupakan salah satu buah-buahan yang berasal dari daerah tropis. Budidaya pepaya California bisa dilakukan di dataran rendah sampai ketinggian 100 meter dpl. Tapi ketinggian lahan optimalnya berkisar 50-700 meter dpl. Tanaman yang satu ini menyukai curah hujan sekitar 1000-2000 mm setiap tahun yang merata sepanjang tahun. Untuk penanaman di daerah yang kering tanaman ini memerlukan penyiraman secara teratur. 
Dalam budidaya tanaman pepaya dibutuhkan sistem drainase tanah yang baik agar bisa tumbuh secara optimal. Usahakan agar di sekitar tanaman pepaya tidak ada genangan air karena itu akan menyebabkan pembusukan pada tanaman pepaya. Tanaman pepaya sangat cocok ditanam di tanah yang gembur dengan porositas yang baik dan pH tanah sekitar 6-7.
Peluang usaha budidaya pepaya California masih sangat terbuka dan berpotensi menghasilkan income dalam jumlah yang besar. Hal ini tidak lepas dari banyaknya peminat pepaya di masyarakat dan jumlahnya dari tahun ke tahun mengalami kenaikan yang tinggi. Tingginya permintaan pasar akan buah ini sangat tinggi sehingga para petani banyak yang tidak sanggup untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Dari total permintaan buah pepaya 80-100 ton dalam seminggu para petani hanya sanggup menyediakan 30% saja. Oleh karena itu peluang usaha ini sangat menjanjikan.
Keunggulan Pepaya California
Sebenarnya ada beberapa varian pepaya yang bisa dibudidayakan di Indonesia. Namun, para petani lebih menyukai jenis pepaya ini karena memiliki beberapa keunggulan diantaranya sebagai berikut:
  • Pepaya California memiliki ukuran sedang sehingga praktis dalam hal pengemasan dan transportasi
  • Kulit buah ini cukup tebal dengan bentuk lonjong dan tekstur daging buah yang kenyal dan tebal sehingga mempunyai rasa yang enak
  • Berat pepaya rata-rata sekitar 0,8 sampai 2 kg
  • Pepaya California memiliki batang yang pendek sehingga memudahkan dalam proses perawatan maupun pemanenan
  • Ketika matang warna buah berubah menjadi lebih kekuningan dan memiliki rasa yang manis
  • Buah ini sering digunakan sebagai hidangan dalam acara-acara makan
Itulah beberapa keunggulan dari pepaya California. Oleh karena itu peluang usaha budidaya jenis buah ini masih sangat terbuka dan menjanjikan keuntungan yang lumayan tinggi.